Monday, June 16, 2014

Fakta menarik tentang kopi

foto dari michaeljfox.org
Hmm.. siapa sih yang belum pernah merasakan sensasi dari secangkir kopi? Aromanya yang harum, kelezatan dan kenikmatannya, pasti hampir semua orang pernah merasakannya.
Dan bagi para coffee lover (termasuk saya), sehari tanpa minum kopi itu ibarat sayur tanpa garam, ibarat malam tanpa bulan dan bintang, ibarat puisi tanpa pembaca, ibarat postingan tanpa komentar, akh.. lebay!

Biasanya, kopi diminum pada pagi hari sebelum melakukan aktifitas, atau di konsumsi pada siang hari untuk mengatasi kantuk yang menyerang di sela aktifitas kerja, bisa juga di nikmati pada sore dan malam hari di saat bersantai bersama teman atau keluarga, untuk menambah keakraban dan menghangatkan suasana.

Banyak tempat selain dirumah yang bisa kita pilih untuk sekedar menikmati kopi, di cafe, di kedai minuman, di warteg, atau di warung2 lesehan di trotoar jalan yang biasanya hanya buka pada malam hari.
Menikmati kopi diluar(selain rumah), saat ini sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat indonesia, maka gak heran coffee shop makin banyak kita temui skarang2 ini.

Tidak ada batasan kapan dan dimana tempat yang tepat untuk minum kopi, karena menurut saya sebagai pecinta kopi, kapanpun saya ingin menikmatinya, maka itulah waktu yang tepat, he he..

Kalau postingan saya sebelumnya yaitu puisi yang masih ada hubungannya dengan kopi, puisi situasi , kali ini saya akan menuliskan beberapa fakta menarik tentang kopi

Karena saya hanya seorang pecinta kopi, bukan peneliti kopi, peracik kopi atau food expert, jadi saya hanya mengandalkan search engine untuk mencari data, lalu saya comot dari artikel2 yang bertebaran di halaman pertamanya.

Dan ini dia beberapa fakta yang saya temukan:

  1. Kopi baik untuk kesehatan , menurut hasil riset oleh para coffee analyst di seluruh dunia, mengkonsumsi kopi bisa mencegah timbulnya beberapa penyakit seperti kanker, jantung, mencegah kanker mulut dan melindungi gigi. (yang ini saya setuju)
  2. kopi bagus untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh, dengan cara dijadikan masker, bahan luluran, dan campuran untuk masker rambut. (yang ini juga setuju)
  3. kopi dapat mengurangi rasa sakit, mengatasi perubahan suasana hati dan depresi, (apalagi yang ini, setuju banget)
  4. kopi bisa meningkatkan stamina, bahkan pada perempuan bisa meningkatkan gairah seksual. (nah, kalau yang ini kurang setuju, karena percobaanya baru diterapkan pada tikus saja)
  5. kopi pertama kali dikonsumsi di Afrika sekitar tahun 575. awalnya dikonsumsi sebagai makanan cemilan, bukan minuman, bahkan sebelumnya biji kopi malah digunakan sebagai alat pembayaran.
  6. kopi pertama kali ditemukan oleh kambing. (what?), jadi, sekelompok kambing yang di gembalakan di pegunungan afrika sana, suatu malam tidak tidur atau terjaga semaleman, setelah di teliti, ternyata penyebabnya biji kopi yang dimakan para kambing itu sebelumnya.
  7. kopi bisa menyebabkan kematian, (nah loh..) Tapi jangan khawatir, itu bila dikonsumsi lebih dari 70 cangkir dalam sehari, wah berapa liter tuh (males ngitung)
  8. kafein pada kopi ternyata bukan bagian/komponen yang rasanya pahit, (lalu yang mana?)
  9. pada tahun 1675 kopi sempet dilarang di inggris. mereka menutup kedai/warung2 kopi karena disinyalir dijadikan tempat pertemuan orang2 yang berkonspirasi melawan raja inggris. (kalau menurut saya, pertemuan bisa dilakukan dimana saja, kenapa harus kedai kopi yang ditutup?)
  10. perpaduan secangkir kopi dengan rokok, menurut sebagian besar kaum laki2, itu perpaduan yang sempurna. (karena saya gak merokok, maka saya tidak setuju :D )
  11. kopi bisa menyebabkan dehidrasi. ini karena efek kafein nya yang bisa mendorong tubuh memproduksi air seni, jadi kalau kadar kafein nya terlalu tinggi, maka akan sering mengeluarkan air seni, dan bisa menyebabkan dehidrasi.
Nah itu beberapa fakta tentang kopi yang bisa saya share siang ini.
Setelah kita tau bahwa dibanding kekurangannya, manfaat dari minuman yang bernama kopi ini lebih banyak, mudah-mudahan tidak membuat kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan. karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Mari ngopi.. :) 

23 comments:

  1. ternyata kopi juga mempunyai manfaat ,yang nomer 4 perlu di coba nich pada manusia he he ,soalnya kalo beli yang jadi mahal harganya he he ,katanya sich

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan percobaan aja mas, nanti kalau berhasil, kasih tau saya.. ha ha... :P

      Delete
  2. kalau saya lebih suka kopi yang kemasan kak, apalagi capucino, mantap banget kalau bareng kacang godog disantap pas hujan hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang instan memang lebih praktis ya mbak eka.. saya juga sama pake yang instan.. :)

      Delete
  3. Aku pecinta kopi ..... thanks sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kalau begitu, mkasih kunjungannya mbak astri :)

      Delete
  4. kopi ditemukan oleh kambing ? hemmm...
    Aku maniak kopi lo, sehari bisa sepuluh gelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 gelas/hari gapapa maz.. asal jgn lebih dari 70 gelas ajah, kembung ntar he he.. :)

      Delete
  5. Wah,,,,, kalau kopi kayanya enak banget, apalgi kalau airnya mendidih. hm,,,,,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kopi yang ada ampasnya, emang harus diseduh dgn air mendidih ya maz indra.. :)

      Delete
  6. kalau menurutku ngeblog tanpa kopi ibarat sayur tanpa garam mbak.nggak seru banget

    ReplyDelete
  7. kalau saya malah kebalikannya Sob, badan gampang lemas dan gemetar kalau minum kopi

    ReplyDelete
  8. lewat ngopi juga bisa memperat satu hubungan se enggaknya bikin suasana makin akrab ya :)

    ReplyDelete
  9. Baru tau,,, bahwa kopi dapat meningkatkan gairah.. patut di coba hehehee :D

    ReplyDelete
  10. kopi juga bisa untuk mengganjal rasa lapar untuk sementara mbak hehehehe

    ReplyDelete
  11. wah suka kopi juga gak nih mbak

    ReplyDelete
  12. saya termasuk salah satu penggemar kopi mba...hanya saja sehari 2 kali pagi sebelum sebelum berangkat kerja dan pas pulang kerja sore harinya

    ReplyDelete
  13. ternyata kopi telah menjadi teman setia para bloger juga ni... nah skarang pertanyaannya gimana kalo lagi ngeblog gak ada kopi hayo...

    ReplyDelete
  14. denger denger kalau sering konsumsi kopi bisa bikin penyakit lambung ya kak? bener nggak sih hmmm ;)

    ReplyDelete
  15. Kopi selalu menemani ketika suasana sedang galau. hehe

    ReplyDelete
  16. segudang manfaat kopi dan sangat bermanfaat buat tubuh jika mengkonsumsinya sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan. betul kan mbak hehe

    ReplyDelete
  17. ARMANI POKER

    PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANIPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    ReplyDelete